Beranda > Catatan Harian > Suluk Sunan Bonang (cuplikan)

Suluk Sunan Bonang (cuplikan)

DI kalangan ulama tertentu mungkin peranan Sunan Bonang dianggap tidak begitu menonjol dibanding wali-wali Jawa yang lain. Tetapi apabila kita mencermati manuskrip, justru Sunan Bonang yang meninggalkan warisan karya tulis paling banyak, berisi pemikiran keagamaan dan budaya bercorak sufistik.

Berikut beberapa cuplikan Suluk-suluk Blio

Dalam Suluk Kaderesan, Sunan Bonang menulis:

Jangan meninggikan diri
Berlindunglah kepada-Nya
Ketahuilah tempat sebenarnya jasad ialah roh
Jangan bertanya
Jangan memuja para nabi dan wali-wali
Jangan kau mengaku Tuhan
.

Dalam Suluk Ing Aewuh ia menyatakan:

Perkuat dirimu dengan ikhtiar dan amal
Teguhlah dalam sikap tak mementingkan dunia
Namun jangan jadikan pengetahuan rohani sebagai tujuan
Renungi dalam-dalam dirimu agar niatmu terkabul
Kau adalah pancaran kebenaran ilahi
Jalan terbaik ialah tidak mamandang selain Dia
.

Semoga manfaat …

Kategori:Catatan Harian
  1. jaini
    28 Juli, 2009 pukul 12:31 pm

    bisakah saya mendapatkan kitab kitab peninggalan poro wali atau bisakah saya mendapatkan ilmu ilmu poro wali ya ALLAH tunjukkanlah kami di jalanmu amin

  2. 6 Oktober, 2009 pukul 3:42 pm

    matur nuwun

  3. sapto MS
    7 Juni, 2010 pukul 4:04 pm

    Thanks to Informasinya tentang Su’ Luk Su Nan Mbo Nang dan masih nyambung dari Sun Tzu Mbah Mbo Nang ni masih Keturunannya

  4. sapto MS
    7 Juni, 2010 pukul 4:08 pm

    yang konon masih cucunya Maulana Malik ibrahim yang pernah tinggal dinegeri di Campa dan nikah dengan Seorang Putri Negeri Campa dan mendapat keturunan Sunan Ampel, sunan mbo nang itu khan dari tuban to…. jadi jelek-jelek sunan mbonang ini adalah priyayi…

  5. sapto MS
    7 Juni, 2010 pukul 4:09 pm

    Sebelahnya Hadralmaut dan sebelahnya raja, dari negeri campa….

  6. 8 Juli, 2010 pukul 3:15 am

    pandangan saya juga sunan bonang yang berperan dibalik panggung,coba tentang solat daim dua wali jawa dalam niat solat daim sunan kalijaga dan syeh siti zenar yang berasal dari sunan bonang ,kebetulan saya pernah berguru dari penerus dua wali itu
    tapi saya tak berani membuka masalah ini di tanah jawa saya praktekan dan ajarkan di singapura dan malaysia karena di tanah jawa terlalu sensitip

  7. 14 Februari, 2011 pukul 9:09 pm

    mungkin bsa d tmpl kan lbih bnyak tmplan suluknya!

  8. 29 Mei, 2011 pukul 1:52 pm

    miyabi pasti yahud

  9. 29 Mei, 2011 pukul 1:53 pm

    miyabi mari kita masuk masukan d kmar

  10. 29 Mei, 2011 pukul 1:54 pm

    sy bingung dng pertanyaan guru ,apakah kalian bisa mambantu ku

  11. untung
    30 Juli, 2011 pukul 4:31 pm

    maaf sblmnya saya mau minta ijin buat mengcopi suluk wujilnya,, mohon keikhlasanya. terimakasih.

  12. surono
    13 Maret, 2012 pukul 11:21 am

    maaf sblmnya, saya minta izin mengcopi suluk sunan Bonang mohon keikhlasanya. terimakasih.Semoga dapat saya manfaatkan untuk memperbaiki pengetahuan dan pekerti saya insyaallah. amin.

  13. 24 Agustus, 2012 pukul 3:18 pm

    I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was good. I don’t know who you are but certainly
    you are going to a famous blogger if you are not already 😉 Cheers!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar